Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • Peserta memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) mengenai tujuan dan asas pendidikan;
  • Peserta menganalisis konsep-konsep pemikiran KHD berdasarkan pengalaman pembelajaran yang berpihak pada murid.
Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara


1.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 1.1

1. Tulisan Reflektif Kritis 

Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

Pendidikan dan pengajaran adalah dua hal yang tidak dapat kita pisahkan. Pengajaran merupakan bagian dari proses pendidikan yang bertujuan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk keterampilan hidup anak, baik secara lahir maupun batin. Sementara itu, pendidikan adalah proses menuntun kodrat anak agar menjadi manusia yang mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pengajaran dan pendidikan dilaksanakan untuk mempersiapkan anak-anak agar bisa memiliki bekal untuk hidup di masyarakat. Selain itu, pengajaran dan pendidikan memiliki maksud untuk mewujudkan manusia yang merdeka. Manusia yang merdeka adalah manusia yang hidupnya lahir atau batin tidak tergantung pada orang lain. Dengan kata lain, manusia yang merdeka adalah manusia yang bisa bersandar atas kekuatan sendiri.

Dalam proses pengajaran dan pendidikan, Ki Hadjar Dewantara juga mengingatkan agar pendidikan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan lingkungan alam sekitar siswa. Artinya, pendidikan yang diberikan kepada anak harus memperhatikan lingkungan, karakteristik daerah, sosial kultural masyarakat sekitar, dan semua hal yang ada di lingkungan anak.

Pendidikan harus memperhatikan kodrat zaman. Artinya, guru memberi bekal pendidikan kepada siswa harus sesuai dengan zamannya. Dengan memperhatikan kodrat zaman, siswa akan menjadi manusia merdeka yang siap dengan tuntutan zaman.


Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

Pemikiran Ki Hadjar Dewantara masih sangat relevan untuk diterapkan di dunia pendidikan Indonesia. Misalnya jika konsep Ki Hadjar Dewantara tentang kodrat alam dan kodrat zaman diterapkan oleh setiap guru, maka siswa akan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang bermakna. Siswa akan mudah paham karena hal yang dipelajari berhubungan langsung dengan hal-hal di sekitar mereka. Konsep yang abstrak pun akan mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, dengan memperhatikan kodrat zaman, siswa mendapatkan manfaat yang bisa mereka aplikasikan secara nyata sesuai dengan perkembangan zaman. Misalnya, pembelajaran yang memadukan teknologi. Siswa bisa menggunakan gawai untuk menghasilkan produk-produk pembelajaran.

Sistem Among yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara juga sangat relevan untuk diterapkan di Indonesia. Sistem among sangat cocok dengan cara berpikir dan budaya masyarakat Indonesia secara umum. Sistem among adalah Ing ngarsa sung tuladha (Di depan memberi contoh), Ing madya mangun karsa (Di tengah membangun kemauan), Tut Wuri Handayani (Di belakang memberi dorongan).

Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Sebagai guru, saya sudah mulai berusaha melaksanakan pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pembelajaran. Hanya saja, memang saya belum bisa menerapkan semua pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara di bidang pendidikan tersebut. Namun, saya yakin dengan sedikit demi sedikit menerapkan hasil pemikiran Ki Hadjar Dewantara tersebut, lama kelamaan saya akan terbiasa dan membiasakan pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Saya terkadang merasa belum memiliki kemerdekaan karena masih terikat tuntutan materi untuk persiapan asesmen/ujian yang biasanya soalnya dibuat terpusat di kabupaten.

2. Harapan dan Ekspektasi 

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?


Setelah mempelajari modul I, saya berharap sebagai seorang guru dapat menerapkan pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara secara menyeluruh dalam pembelajaran. Dengan penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, saya yakin bisa menjadi guru yang merdeka dalam mengajar. Dengan merdeka mengajar, saya akan lebih menikmati proses pembelajaran dan tugas mengajar menjadi sesuatu yang membahagiakan dan tentunya bukan suatu beban.

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya kepada murid-murid setelah saya mempelajari modul ini adalah murid bisa mengoptimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Mereka dapat belajar tanpa adanya tekanan. Mereka bisa mendapatkan pembelajaran bermakna, yakni pembelajaran yang bisa dirasakan manfaatnya oleh para siswa.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan  yang saya harapkan dalam modul ini adalah kegiatan kolaborasi yang ke depannya memberi pengalaman berharga bagi saya. Materi yang saya harapkan dalam modul ini adalah materi-materi yang memudahkan saya untuk membuat pembelajaran lebih bermakna. Sementara itu, manfaat yang saya harapkan setelah mempelajari modul ini adalah saya bisa memahami pemikiran-pemikiran KHD dan bisa menerapkannya dalam pembelajaran secara nyata.

1.1.a.5.2. Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.1


Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat.

Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.1



1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1Assignment


1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1


1.1.a.9. Aksi Nyata - Penerapan Modul 1.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu mendokumentasikan kontribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter.


Posting Komentar untuk "Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara"