Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul 1.4 Budaya Positif

Capaian Pembelajaran Umum

Secara umum, capaian modul ini adalah:

  • CGP mampu memahami konsep pendidikan menurut  Ki  Hajar  Dewantara  dihubungkan dengan konsep budaya dan lingkungan positif di sekolah yang berpihak pada murid.
  • CGP mampu melakukan evaluasi dan refleksi tentang praktik disiplin dalam pendidikan Indonesia secara umum untuk mendapatkan pemahaman baru mengenai konsep disiplin positif untuk menciptakan murid dengan profil pelajar Pancasila.
  • CGP mampu memahami perannya sebagai guru untuk membangun budaya positif dengan menerapkan konsep disiplin positif dalam berinteraksi dengan murid.


Capaian Pembelajaran Khusus


Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi guru penggerak yang mampu:
  • Menjelaskan konsep budaya positif yang berdasarkan pada konsep perubahan paradigma stimulus respons  ke teori kontrol serta nilai-nilai kebajikan universal yang dijabarkan penerapannya pada modul ini. 
  • Menjelaskan konsep makna disiplin, keyakinan kelas, hukuman dan penghargaan, 5 kebutuhan dasar manusia, Restitusi dengan 5 posisi kontrol guru serta segitiga restitusi dan menerapkannya dalam  ekosistem sekolah yang  aman, dan berpihak pada murid. 
  • Menyusun strategi-strategi aksi nyata yang efektif dengan mewujudkan kolaborasi beserta seluruh pemangku kepentingan sekolah agar tercipta budaya positif yang  dapat mengembangkan karakter murid.
  • Menganalisis secara reflektif dan kritis penerapan budaya positif di sekolah dan mengembangkannya sesuai kebutuhan sosial dan murid.

1.4.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.4

Tujuan Pembelajaran khusus:

  • Mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah. 
  • Mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara.
Mulai dari diri - Modul 1.4

1.4.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.4


1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.4

2.1. Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal

Tujuan pembelajaran:

  • CGP dapat menjelaskan  makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr. William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.
  • CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
  • CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak tercipta sebuah budaya positif. 

2.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi 

Tujuan Pembelajaran:

  • CGP dapat menjelaskan dan menganalisis Teori Motivasi dan Motivasi Intrinsik yang dituju, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.
  • CGP dapat menjelaskan konsep hukuman dan penghargaan, dan  konsep pendekatan restitusi.
  • CGP dapat melakukan pengamatan dan peninjauan atas praktik penerapan konsep-konsep tersebut di lingkungannya sendiri.

2.3. Keyakinan Kelas

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  • CGP dapat menganalisis pentingnya memiliki keyakinan sekolah/kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas.
  • CGP dapat menjelaskan proses pembentukan dari peraturan-peraturan beralih ke keyakinan kelas. 
  • CGP akan dapat berpikir kritis, kreatif, reflektif, dan terbuka dalam menggali nilai-nilai yang dituju pada peraturan yang ada di sekolah mereka masing-masing.
2.3. Keyakinan Kelas


2.3. Keyakinan Kelas


2.4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas

Tujuan Pembelajaran Khusus:   

  • CGP dapat menjelaskan kebutuhan dasar yang menjadi motif dari tindakan manusia baik murid maupun guru 
  • CGP dapat menganalisis dampak tidak terpenuhinya kebutuhan dasar terhadap pelanggaran peraturan dan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai kebajikan 
  • CGP dapat mengidentifikasi peran dan sekolah guru dalam upayanya menciptakan lingkungan belajar dan pemenuhan kebutuhan anak yang beragam.
2.4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas

2.4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas


2.5. Restitusi - Lima Posisi Kontrol

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  • CGP dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama ini dan dampaknya untuk murid-muridnya.
  • CGP dapat menerapkan disiplin restitusi di posisi Manajer, minimal pemantau agar dapat menghasilkan murid yang bertanggung jawab, mandiri dan merdeka.
  • CGP dapat menganalisis secara kritis,  reflektif, dan terbuka atas penemuan diri yang didapatkan dari mempelajari 5 posisi kontrol.

2.6. Restitusi - Segitiga Restitusi

Tujuan Pembelajaran Khusus:   

  • CGP menjelaskan restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah.
  • CGP dapat menerapkan restitusi dalam membimbing murid berdisiplin positif agar menjadi murid merdeka.
  • CGP dapat menganalisis dengan sikap reflektif dan kritis penerapan disiplin positif di lingkungannya. 

1.4.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.4 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 
  • CGP dapat menganalisis kasus-kasus yang disediakan berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif bersama CGP lain dalam Komunitas Praktisi
  • CGP dapat mempresentasikan hasil analisis studi kasus berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif
1.4.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.4


Dokumentasi Kegiatan

1.4.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.4




1.4.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.4


Tujuan Pembelajaran Khusus: 
  • CGP dapat mempraktikan pemahaman mereka tentang penerapan segitiga restitusi dengan murid di sekolahnya.



1.4.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.4


Tujuan Pembelajaran Khusus: 
  • Setelah berdiskusi bersama instruktur, CGP mendemonstrasikan pemahamannya secara lebih mendalam mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif
1.4.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.4

1.4.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.4

1.4.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.4

1.4.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.4


1.4.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.4


Tujuan Pembelajaran Khusus:

  • CGP memahami keterkaitan konsep budaya positif dengan materi pada modul 1.1, 1.2 dan 1.3.
  • CGP dapat menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah.


1.4.a.9. Aksi Nyata Modul 1.4 - Unggah Aksi Nyata


Tujuan Pembelajaran Khusus: 
  • CGP dapat menyampaikan pembelajaran dari penerapan konsep inti dari modul budaya positif serta pemahaman mereka mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif.  


Tautan bukti telah menambahkan video AKSI NYATA MODUL 1.4 ke PMM

Modul 1.4 Budaya Positif


Posting Komentar untuk "Modul 1.4 Budaya Positif"