Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Kompetensi Lulusan yang Dituju

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:

  • Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.
  • Guru Penggerak melakukan pendampingan kepada  seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.
  • Guru Penggerak merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
  • Guru Penggerak memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.


Capaian Pembelajaran Umum

Secara umum, capaian dari modul ini adalah: 

  • CGP menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran.
  • CGP mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.
  • CGP menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.

Capaian Pembelajaran Khusus

Secara khusus, setelah mempelajari modul ini diharapkan Calon Guru Penggerak mampu::

  • menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
  • menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
  • mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
  • merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.

Isi Materi Modul

Kepemimpinan murid:

  • Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid
  • Suara murid, Pilihan murid, Kepemilikan murid
  • Kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila
  • Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
  • Pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
  • Program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.


Mulai dari Diri

CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.


Eksplorasi Konsep

Eksplorasi Konsep 1:

Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:

  • Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid (students agency).
  • Apa yang dimaksud dengan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid.
  • Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid
  • Bagaimana melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

Eksplorasi Konsep 2:

  • CGP akan melakukan diskusi asinkron untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid.
  • CGP akan menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi.

Ruang Kolaborasi

CGP akan bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh (gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan murid)




































Tugas Ruang Kolaborasi

Demonstrasi Kontekstual

CGP akan membuat sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA


Demonstrasi Kontekstual


Elaborasi Pemahaman

CGP akan berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman mereka terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan kepemimpinan murid.








Koneksi Antar Materi

CGP akan melakukan koneksi antar materi yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.



Aksi Nyata

CGP menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.



Posting Komentar untuk "Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid"