Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Kompetensi Lulusan yang Dituju

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:

  • Guru Penggerak memahami pentingnya mengetahui kebutuhan belajar dan lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman.
  • Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam merancang alur dan tujuan pembelajaran yang berorientasi pada masa depan.
  • Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam mengevaluasi pembelajaran berdasarkan data dan tingkat pencapaian murid.


Capaian Umum Modul 2.1.


Secara umum, capaian modul ini adalah peserta mampu:

  • mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar murid  yang berbeda;
  • menjadi teladan dalam melakukan praktik-praktik reflektif dalam pembelajaran bagi komunitas pendidik di lingkungan sekitarnya.


Capaian Khusus Modul 2.1.

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi Guru Penggerak yang mampu:

  • menunjukkan pemahaman tentang konsep pembelajaran untuk semua murid;
  • mendemonstrasikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan alasan mengapa pembelajaran berdiferensiasi diperlukan;
  • menjelaskan pentingnya mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan belajar murid;
  • menganalisis penerapan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk; 
  • membuat dan mengimplementasikan Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran di sekolah atau kelas mereka sendiri;
  • menunjukkan sikap kreatif, percaya diri, mau mencoba, dan berani mengambil risiko dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran 1:

  • Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya  yang berbeda-beda?

Membuat Refleksi Individu

  • Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.
  • Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
  • Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
  • Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid


2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • CGP dapat menjelaskan apa konsekuensi dari keragaman murid-murid yang ada di kelas mereka.
  • CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi.
  • CGP dapat menjelaskan bagaimana cara mengetahui kebutuhan belajar murid.

Refleksi

  1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi!
  2. Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?
  3. Sebagai guru, apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid kita? Apa saja yang perlu dipertimbangkan?

Pendapat Saya Pribadi

  1. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memiliki karakteristik belajar yang memerdekakan potensi siswa, pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas siswa. Sehingga siswa diharapkan memiliki pengetahuan yang berkembang, dinamis dan gemar belajar karena memahami potensi diri. 
  2. Identifikasi kebutuhan belajar murid dilakukan untuk menggali potensi apa yang dimiliki murid. Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid adalah untuk mengetahui kebutuhan belajar, hambatan belajar, dan potensi diri yang dimiliki murid 
  3. Saya sebagai guru dapat melakukan identifikasi kebutuhan belajar murid dengan melakukan asesmen dignostik di awal pembelajaran kemudian menganalisisnya, menganalisis nilai rapat sebelumnya atau berdiskusi dengan guru yang sebelumnya. Ada 3 aspek yang perlu dipertimbangkan dalam mengindentifikasi kebutuhan belajar murid yaitu: kesiapan belajar murid, minat murid dan profil belajar murid.

2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1


Tujuan Pembelajaran Khusus:

  • CGP dapat menganalisis penerapan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk;
  • CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Untuk mengawali pembelajaran di tahapan ini, silahkan membaca pertanyaan pemantik berikut ini.  Pertanyaan-pertanyaan ini tidak perlu  dijawab langsung, namun hanya digunakan untuk memprovokasi pemikiran Ibu/Bapak.
  1. Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya?
  2. Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?
  3. Bagaimana mereka menunjukkan pemahaman atau hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan sebagai produk?
  4. Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ?
Simaklah 2 video berikut ini. Saat menyimak, Anda dapat membuat catatan tentang hal-hal penting yang disampaikan video tersebut. 

Video Pertama


Video Kedua



Untuk lebih memperdalam pemahaman Bapak/Ibu tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi, Anda kami sarankan untuk membaca artikel tentang penilaian pada tautan berikut: Peran Penilaian dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pertanyaan untuk diskusi daring:

  1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
  2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
  3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
  4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Pendapat Pribadi


1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Video 1:

a. Strategi Pembelajaran Diferensiasi dapat dilakukan setelah mengidentifikasi kebutuhan murid. Ada 3 strategi pembelajaran diferensiasi yaitu:
  • Diferensiasi Konten: bahan ajar, peta umum, prinsip-prinsip, informasi, teks, ide-ide, konsep, tantangan-tantangan, lembar kerja, minat, materi dengan audio/ visual. 
  • Diferensiasi Proses: mandiri, kelompok, memberikan bantuan, pertanyaan pemandu, kegiatan berjenjang, tantangan, sudut minat, agenda individual, variasi lama waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, pengelompokan yang fleksibel. 
  • Diferensiasi Produk: tagihan, unjuk kerja, karangan, tulisan, hasil tes, pertunjukan, pidato, rekaman, diagram yang mencerminkan pemahaman murid sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
b. Memberikan tantangan yang bervariasi
c. Mengekpresikan pemahaman

Video 2:

Lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi dapat dibangun dalam Learning Community. Guru-guru akan memimpin murid-muridnya untuk mengembangkan sikap-sikap dan praktik-praktik yang saling mendukung tumbuhnya lingkungan belajar.

Iklim belajar di kelas:
  • Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik
  • Setiap orang di dalam kelas tersebut saling menghargai
  • Murid merasa aman
  • Ada harapan bagi pertumbuhan
  • Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan
  • Ada keadilan dalam bentuk nyata

2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

Gagasan baru yang saya lihat dari video dan artikel di atas adalah bahwa kita sebagai guru harus lebih memahami kebutuhan murid agar murid dapat melakukan proses pembelajaran untuk mengoptimalkan kodratnya dan lebih melihat proses pembelajaran bukan hanya mementingkan hasil dari pembelajaran tersebut.

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Menurut saya akan sulit di awal dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi ini karena kita sebagai guru harus dapat merubah kebiasaan – kebiasaan lama dalam melakukan proses pembelajaran, butuh banyak waktu untuk perlahan-lahan dapat terbiasa melakukan pembelajaran berdiferensiasi.

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Pertanyaan saya adalah bagaimana membuat rancangan pembelajaran berdiferensiasi dan membuat asesmennya?

2.1.a.4.2. Unggah Tugas Eksplorasi Konsep - Modul 2.1


Karena ini adalah bagian akhir dari eksplorasi konsep sebelum Anda masuk ke alur belajar berikutnya, maka setelah sesi pembelajaran ini selesai, Anda akan diminta untuk menyimpulkan pemahaman Anda tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. 

Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational psychologist.

Silakan lengkapi diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi di atas. Jelaskanlah:
  1. Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi?
  2. Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi?
  3. Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi?
  4. Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi?
2.1.a.4.2. Unggah Tugas Eksplorasi Konsep - Modul 2.1



2.1.a.5 Ruang Kolaborasi Sesi 1 - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan refleksi kolaboratif untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

Anda bersama rekan kelompok akan diminta untuk menganalisis skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang beragam. Setiap kelompok hanya akan menganalisis satu skenario pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pemandu berikut ini:
  1. Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah, apakah kebutuhan belajar murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut? Bagaimana cara guru tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?
  2. Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?
  3. Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?
2.1.a.5 Ruang Kolaborasi Sesi 1 - Modul 2.1


Dokumentasi Kegiatan Ruang Kolaborasi Modul 2.1


Dokumentasi Kegiatan Ruang Kolaborasi Modul 2.1

Dokumentasi Kegiatan Ruang Kolaborasi Modul 2.1

Dokumentasi Kegiatan Ruang Kolaborasi Modul 2.1

Dokumentasi Kegiatan Ruang Kolaborasi Modul 2.1

2.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat membuat Rencana pembelajaran yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.

  • Buatlah rencana pembelajaran untuk salah satu mata pelajaran, atau sesi pembelajaran dalam konteks pembelajaran daring (online learning) atau luring (anda boleh memilih).
  • Pastikan rencana pembelajaran tersebut:
  • Dibuat dengan menganalisis kebutuhan belajar murid terlebih dahulu.
  • Menggambarkan penerapan salah satu dari diferensiasi konten, proses atau produk sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan belajar murid.
  • Perhatikan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam membuat RPP tersebut.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah RPP tersebut pada forum ini, dengan format judul/subject: RPP - Nama Anda
  • Pilih salah satu RPP milik rekan Anda, kemudian berikan umpan balik terhadap RPP tersebut.
  • Catatan: pilih RPP yang belum diberikan umpan balik oleh CGP lain. 
  • Gunakan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam memberikan umpan balik terhadap RPP yang dibuat oleh rekan Anda tersebut.
  • Berikan penilaian dan umpan balik Anda kepada rekan Anda tersebut.
  • Unggah RPP yang telah dibuat di 2.1.a.6.1. Unggah Hasil Demonstrasi Kontekstual Modul 2.1 untuk mendapat umpan balik dan penilaian dari fasilitator.


2.1.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1


Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi lewat proses tanya jawab dan diskusi.


Pertanyaan Pemantik:

  1. Sejauh ini, adakah yang masih membuat saya bingung atau gelisah tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi? Pertanyaan-pertanyaan apa yang masih saya miliki?
  2. Bagaimana saya akan menggunakan sesi elaborasi ini untuk membantu saya mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya?

2.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1


Tujuan Pembelajaran Khusus: :

CGP dapat membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya.


Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:
  • Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?
  • Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?
  • Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Lakukanlah refleksi secara individu terhadap perjalanan pembelajaran Anda hingga saat ini dengan merespon beberapa pertanyaan dan tugas berikut ini.
  1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
  2. Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.
  3. Tuangkan kesimpulan yang Anda buat tersebut dengan menggunakan cara atau media yang dapat Anda pilih sendiri. Anda dapat memilih menulis artikel, membuat infografik, vlogging (video blogging), dsb.
  4. Unggahlah hasil kerja Anda pada kegiatan ini.


2.1.a.9. Aksi Nyata - Modul 2.1


Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP mengimplementasikan dan melakukan refleksi terhadap  implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Posting Komentar untuk "Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid"