Kembali saya akan melanjutkan pembahasan saya mengenai Evaluasi Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelompok Kompetensi H Bidang Profesional Trigonometri yang sudah saya bahas di
sini. Perlu kita ketahui bahwa materi Trigonometri ini memang sangat menarik untuk di bahas. Saya pribadi cukup tertantang dalam membahasnya. Ketika di kerjakan dengan serius, ehh ternyata soalnya mudah. hehehe
Dalam pembahasan lanjutan ini ada beberapa soal yang menurut saya sangat tidak elementer. Artinye pembahasannya cukup panjang dan bertele-tele. Bagi pembaca yang merasa memiliki pembahasan yang berbeda dan elegan solusinya bisa share disini.
Pembahasan ini juga tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan. Baik itu kesalahan berpikir ataupun kesalahan ketik. Mohon Saran dan kritikannya.
Pembahasan saya mulai dari nomor 8 melanjutkan yang kemarin ......
8. Jika dan , dan merupakan sudut lancip, maka nilai adalah ....
a.
b.
c.
d.
e.
Jawaban : C
Jika maka jelas bahwa sehingga
Kita jumlahkan 2 persamaan diatas menjadi
Jadi Nilai
9.
a.
b.
c.
d.
e.
Jawaban : B
Perhatikan Rumus tangen berikut
Sehingga nilai .
Nilai bisa kita ubah menjadi .
Sekarang kita tinggal menguraikan seperti pada soal
Kesimpulannya adalah nilai
10. sama dengan ....
a.
b.
c.
d.
e.
Jawaban : C
Sehingga nilai
11. Jika maka
a.
b.
c.
d.
e.
Jawaban : C
Karena maka
Perhatikan gambar berikut !
Panjang dapat kita cari dengan menggunakan rumus Pythagoras yaitu
Sekarang kita mencari nilai
Jadi Nilai
12.
a.
b.
c.
d.
e.
Jawaban : E
Perhatikan syarat pengerjaan soal ini
13. Persamaan dari grafik berikut adalah ....
a.
b.
c.
d.
e.
Jawaban : C
Bentuk umum grafik fungsi adalah
Maksimum dari grafik tersebut adalah dan minimum dari grafik tersebut adalah sehingga kita dapatkan nilai . Persamaan Grafiknya menjadi . Jawaban d dan e jelas salah.
Dari grafik tersebut terlihat bahwa periodenya adalah kemudian kurva di geser ke sebelah kiri sebesar sehingga . Diperoleh maka grafiknya menjadi
Karena di geser ke sebelah kiri sebesar maka nilai haruslah positif. Maka . Nilai atau dengan kara lain sehingga grafiknya adalah
14. Penyelesaian persamaan dengan adalah ...
a. dan
b. dan
c. dan
d. dan
e. , dan
Jawaban : B
Diketahui persamaan dengan batas-batas . Perhatikan untuk mencari persamaan trigonometri bentuk adalah
Jadi ada 2 kemungkinan nilai yang harus kita cari himpunan penyelesaiannya. Kita cari nilai
# Untuk maka di peroleh
# Untuk maka di peroleh
# Untuk maka di peroleh
# Untuk maka di peroleh
Jadi nilai yang memenuhi adalah dan
Alternatif Penyelesaian :
Persamaan Trigonometri Bentuk .
Untuk menyelesaikan persamaan , persamaan tersebut harus diubah ke bentuk berikut
dengan dan .
Kita kembali pada soal diatas, yaitu kita mendapatkan , dan
\begin{eqnarray*}
k & = & \sqrt{1^{2}+1^{2}}
\
k & = & \sqrt{2}
\end{eqnarray*}
Sehingga bentuk umum menjadi .
Sekarang mari kita selesaikan satu persatu.
i). di ubah menjadi kita sederhanakan menjadi
# Untuk
# Untuk
# Untuk
ii). di ubah menjadi kita sederhanakan menjadi
# Untuk
# Untuk
# Untuk
Jadi nilai yang memenuhi adalah dan
15. Diketahui grafik fungsi . Amplitudo dari fungsi tersebut adalah ....
a.
b.
c.
d.
e.
Jawaban : B
Bentuk umum grafik fungsi adalah . Amplitudo dari grafik adalah
Penutup
Demikian Pembahasan Evaluasi Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelompok Kompetensi H Bidang Profesional Trigonometri sudah selesai semuanya 15 nomor. Masih banyak soal-soal latihah di dalam modul tetapi yang paling penting adalah evaluasinya. Untuk modul-modul yang lain silahkan lihat di postingan saya yang lain.
Posting Komentar untuk "Lanjutan Pembahasan Evaluasi Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Matematika SMK Kelompok Kompetensi H BidangProfesional Trigonometri"