Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adakah Negara Maju yang tidak memberlakukan Ujian Nasional ?

Halo sobat Blogger. Kali ini Blog Matematika akan membahas tentang Ujian Nasional yang sebentar lagi akan dilaksanakan untuk tingkatan SMK dan SMA. Bagi adik-adik yang saat ini duduk di bangku SMK atau SMA sederajat tentunya sudah merasa was was mengingat UN dilaksanakan pada bulan maret 2018 untuk jenjang SMK dan Awal bulan april untuk jenjang SMA.

Ujian Nasional sudah menjadi agenda rutin di dunia pendidikan Indonesia yang diselenggarakan setahun sekali. Para siswa akan mengikuti ujian ini untuk menentukan apakah mereka dinyatakan lulus dan layak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak.

Terus, bagaimana dengan negara lain, apakah di sana juga sama dengan di Indonesia, ada ujian nasional? Di Beberapa negara memang sama menerapkan ujian nasional untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa-siswi mereka, seperti Singapura, Malaysia, Jepang, dan Thailand.

Baca Juga : 

Di sisi lain, ada beberapa negara maju di belahan dunia ini malah melakukan kebalikannya. Negara-negara maju ini menghapuskan ujian nasional karena berbagai macam alasan. 


Benarkan ada Negara Maju yang tidak memberlakukan Ujian Nasional ? 



Berikut ini melansir dari berbagai sumber, negara-negara maju yang tidak memberlakukan ujian nasional (UN).


1. Kanada


Adakah Negara Maju yang tidak memberlakukan Ujian Nasional ?


Negara Kanada menganggap ujian nasional tidak ada hubungannya dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Oleh karena itu, ujian nasional di negara ini di hapuskan. Para pelajar diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka sendiri. Tak hanya berbekal ilmu, tapi diharuskan mempraktikannya di lapangan (Turun lapangan langsung).


2. Amerika Serikat

Adakah Negara Maju yang tidak memberlakukan Ujian Nasional ?

Negeri Amerika Serikat sangat dikenal banyak melahirkan orang-orang berpengaruh di dunia, misalnya saja sang pendiri perusahaan Microsoft Bill Gates, pendiri Apple Steve Job, pendiri sosial media paling terkenal Facebook Mark Zuckerberg, dan masih banyak lagi.

Tapi jika kita melihat lebih ke dalam lagi, rupanya Amerika Serikat tidak menerapkan ujian nasional. Sistem pendidikan di Amerika Serikat  mengharuskan seseorang untuk bisa membuat pekerjaan bukan memenuhi lapangan pekerjaan. Tak mengherankan jika perusahaan di Amerika Serikat  sangat banyak yang sudah menjelit ke berbagai negara di penjuru dunia.


3. Jerman


Adakah Negara Maju yang tidak memberlakukan Ujian Nasional ?

Jerman merupakan salah satu negara maju di daratan Eropa. Namun, pemerintah Jerman juga sama dengan negara Amerika Serikat yaitu tidak menerapkan ujian nasional.

Sama halnya dengan di Finlandia, pemerintah Jerman Menghapuskan ujian nasional karena guru/pendidik dianggap yang paling tahu dan paham kemampuan siswanya. Selain itu, ujian nasional ditiadakan agar para siswa bisa berkembang secara optimal dan tidak terbebani oleh soal ujian.


4. Finlandia

Adakah Negara Maju yang tidak memberlakukan Ujian Nasional ?

Negara Finlandia merupakan Negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik dan paling unggul di dunia. Anehnya, pemerintah Finlandia tidak menerapkan ujian nasional untuk mengevaluasi para siswanya. Justru, mereka menganggap guru lah yang paling berhak memberikan penilaian kepada siswanya, bukan selembar kertas ujian.

Guru di Finlandia dianggap paling tahu kemampuan muridnya. Oleh karena itu ujian nasional ditiadakan. Tak mengherankan kalau guru di Negara Finlandia memiliki penghasilan/gaji tertinggi di dunia.

Sekian postingan kita kali ini. Ada tambahan  sobat blogger ?

1 komentar untuk "Adakah Negara Maju yang tidak memberlakukan Ujian Nasional ? "