Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Bagaimana Cara Membuat Blog ? Pelajari Panduan Membuat Blog Berikut (Khusus Pemula)

Bingung Bagaimana Cara Membuat Blog ? Pelajari Panduan Membuat Blog Berikut. Kali ini blogmatematika akan memposting bagaimana cara membuat blog di platform blogger. Perlu diketahui, bahwa platform blogger sangat banyak peminatnya. Disamping gratis juga perlu diketahui kalau platform blogger adalah bawaan google. Sehingga nantinya kita akan mendapatkan sub domain dari google atau lebih umumnya kita mendapatkan subdomain blogspot.com.

Jika anda menggunakan platform wordpress anda harus menyewa domain dan hosting yang harganya kurang lebih Rp 300.000 keatas per tahun. Saya sendiri menyewa domain dan hosting di idwebhost.com dan membayar kurang lebih Rp 400.000 pertahun. Katanya supaya terkesan blogger profesional gitu. hehehe

Tetapi buat anda yang baru belajar ngeblog tentunya gunakan yang gratis-gratis dulu lah. Gratis dalam hal ini bukan terkesan asal-asalan lho. Tetapi gratis tetapi disediakan oleh google kok. Jadi jangan kuatir selama anda tidak melanggar aturan TOS google.

Membuat blog tentunya sangat gampang dan sangat mudah diaplikasikan. Cukup memiliki akun gmail dan sekali  dua kali klik anda sudah mendapatkan blog harapan anda. Tetapi masih menggunakan subdomain blogspot.com. Jika anda ingin mengganti dengan domain sendiri anda harus menyewa domain dan merogoh gocek yang lumayan.

Panduan Cara Membuat Blog di Blogger


Kali ini saya akan coba memberikan tutorial mudah cara membuat blog dari platform google. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat blogger. Syarat utama adalah anda harus punya email di google mail yah. Cara membuatnya sudah saya jelaskan di blog ini. Lihat saja postingan sebelumnya.  Berikut tahapannya

Tentukan Topik yang Akan Anda tulis di Blog nantinya


Penentuan topik blog sangat penting mengingat ini adalah langkah awal anda melangkah lebih lanjut di blog anda. Usahakan topik yang anda pilih adalah bagian yang bener-bener anda kuasai sehingga nantinya anda akan mudah dalam mengisi konten-konten selanjutnya. Sebagai contoh disini saya membuat topik tentang matematika yang sesuai dengan bidang saya. Kenapa ? yah karena saya taunya cuma itu. Itupun gak mahir-mahir amat. hehehe :D


Membuat Email di Google Mail


Langkah selanjutnya adalah anda harus membuat akun email di google mail. Saya tidak akan membahas tentang bagaimana cara membuat akun gmail. Caranya sudah saya bahas di postingan saya sebelumnya tentang cara membuat akun Email di google mail.

Membuat blog dengan platform Blogger


Mungkin sobat bertanya-tanya kenapa saya menggunakan platform blogger. Gak yang lainnya seperti wordpress atau joomla. Tentunya ada beberapa alasan yang mendasarinya diantaranya :

  • Blogger adalah platform gratis yang disediakan langsung oleh google.
  • Mudah di gunakan oleh pemula seperti saya
  • Fitur-fiturnya sudah sangat lengkap tinggal bagaimana kita mengoptimasinya
  • Cukup terpercaya karena di sediakan oleh raksasa google
  • dan masih banyak yang lainnya

Sedikit alasan diatas yang membuat saya menulis postingan ini. Ayo kita langsung saja action.

#1. Masuk ke situs http://blogger.com. Perhatikan Gambar berikut.



 #2. Silahkan Klik tulisan "Create Your Blog atau Buat Blog"  dan anda akan di bawa ke halaman berikut. Silahkan Login dengan email google yang sobat blogger sudah buat sebelumnya.



#3 Silahkan isikan Email dan Password anda kemudian klik "Sign In" dan anda akan mendapatkan halaman berikut!!



#4 Silahkan Klik " Continue to Blogger atau lanjutkan Ke Blogger"



#5  Silahkan klik "Create New Blog atau Buat Blog Baru"  akan muncul tampilan seperti gambar berikut !



#7. Silahkan isikan sesuai petunjuk diatas kemudian Klik "Create Blog !" dan blog kita sudah siap kita kelola.



#8 Langkah selanjutnya adalah membuat postingan blog anda. Silahkan Klik "New Post" dan anda sudah siap untuk mengelola blog anda. Silahkan menulis artikel yang anda kuasai tadi. Sebagai contoh


Langkah Selanjutnya adalah anda tinggal mengetikkan  Publish dan blog anda akan bisa di baca oleh seluruh pengguna internet. Jangan Lupa melakukan Share ke Google Plus +  yah biar artikel anda makin di kenal banyak orang.



Sekarang kita lihat hasilnya yah.



Silahkan menggunakan Teknik SEO agar postingan anda nangkring di halaman pertama dalam pencarian google. Caranya gimana mas ? yah nanti akan saya ajari caranya gimana.

Ternyata membuat blog itu mudah sekali bukan ? Silahkan anda menulis sesuka hati teman-teman blogger. Buat postingan minimal 300 kata atau paling bagus sampai 2000 kata yah. Jangan lupa sertakan gambar kalau perlu sertakan video dari youtube biar blog anda kelihatan informatif dimata google dan pembaca.

Tulisan yang disukai google sangatlah perlu diperhatikan oleh teman-teman blogger semua. Tetapi tulisan yang disukai pengunjung jauh lebih penting. Karena yang menentukan baik atau tidaknya blog adalah pembaca. Urusan tampilan nanti bisa kita perbaiki di postingan selanjutnya yah.

Membuat blog pada dasarnya sudah sampai disini saja. Tetapi untuk optimasinya tentunya masih banyak hal lagi yang harus anda lakukan diantaranya

  1. mengganti template blog,
  2. mendaftarkan blog anda ke search engine seperti google, yahoo, bing, yandex dan masih banyak lagi.
  3. Menambahkan Widget
  4. Membuat halaman Statis seperti Sitemap, Contact Person, Disclaimer, TOS dan Privacy Policy
  5. dan lain-lain

Kesimpulan


Sekian dulu postingan bagaimana cara membuat blog hari ini. Untuk memperbaiki tampilan blog anda akan kita bahas di lain waktu yah.

Kita tahu bahwa membuat blog itu sangat gampang dan sangat mudah di aplikasikan. Jangan bosan-bosan belajar dan jangan bosan menulis. Semakin anda banyak berbagi ilmu maka anda akan menjadi pohon yang rindang dan berbuah.

"Update 04 Juli 2018"

1 komentar untuk "Bingung Bagaimana Cara Membuat Blog ? Pelajari Panduan Membuat Blog Berikut (Khusus Pemula)"