Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog

Halo sobat blogger. Kali ini saya ingin membagikan postingan tentang bagaimana cara Menambahkan Widget Postingan Terbaru (Recent post) di Blog pada template Viomagz buatan mas Sugeng yang sudah di pakai oleh ribuan blogger di dunia maya. Kita ketahui bahwa widget postingan populer adalah widget otomatis yang akan terpasang ketika kita mengganti template blog kita dengan template viomagz.

Nah mengingat widget postingan populer sudah di sediakan oleh blogger langsung, maka kita dengan sangat mudah untuk menambahkannya. Tetapi, jika kita akan menambahkan widget postingan terbaru, maka akan sangat kesulitan karena blgger tidak menyediakannya.

Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog


Nah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memposting tentang bagaimana cara Menambahkan Widget Postingan Terbaru (Recent post) di Blog dengan script yang sudah disediakan oleh mas sugeng sendiri. Saya hanya mengulas kembali.

Sebenarnya artikel sejenis juga sudah saya posting pada postingan tahun 2016 lalu, tetapi sangat berat script nya dan saya memutuskan untuk tidak merekomenasikannya untuk blog sobat. Tetapi anda bisa membaca artikel saya di Cara Memasang Widget Postingan Terbaru Pada Blog.


Bagaimana sih Caranya Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog pada template Viomagz ?



Perlu sobat blogger ketahui bahwa script ini murni bukan saya yang menulisnya, tetapi memang mas sugeng sudah menyediakan di template document dan kita diminta untuk membaca sendiri.

Mengingat penjelasan di tutorial tersebut sangat singkat, maka saya membuat tutorial sederhana tentang Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog dengan mudah. Ayo kita mulai saja tutorialnya.

# Pertama, Sobat blogger masuk ke akun blogger sobat dengan memasukkan email dan pasword sobat. Jika belum punya email, silahkan baca postingan saya di bagaimana Cara Membuat Email di Google Mail

Setelah itu silahkan masuk ke bagian Tata Letak >> Tambahkan Gadget

Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog


# Pada kotak dialog gadget blog, silahkan pilih HTML/JavaScript. Pilih tanda "tambah" seperti pada gambar di bawah ini.


Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog


# Pada Kotak dialog widget HTML/Java Script silahkan isikan judul dan tambahkan script di bawah ini. 

<div class="artikel-terbaru">
<script>function artikelterbaru(e){document.write("<ul>");for(var t=0;t<e.feed.entry.length;t++){for(var r=0;r<e.feed.entry[t].link.length&&"alternate"!=e.feed.entry[t].link[r].rel;r++);var n="
<li><a href="+("'"+e.feed.entry[t].link[r].href+"'")+'">'+e.feed.entry[t].title.$t+"</a> </li>
";document.write(n)}document.write("</ul>")}</script>
<script src="/feeds/posts/summary/?max-results=6&amp;alt=json-in-script&amp;callback=artikelterbaru"></script>

Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog


Jangan lupa klik simpan dan Lihatlah hasilnya.


Kesimpulan


Widget Postingan terbaru digunakan untuk melihat artikel terbaru yang kita posting setiap saat. Sobat bisa mengganti berapa jumlah artikel yang tampil dengan memodifikasi angka pada script tersebut. Tetapi saran saya jangan terlalu banyak menggunakan link hidup di widget karena akan mempengaruhi kecepatan blog anda.

Cukup Sekian dan terima kasih. Jangan lupa baca artikel kami yang lain yah.


Baca Juga : 

2 komentar untuk "Menambahkan Widget Postingan Terbaru di Blog"